7 ALASAN MENGAPA TAMAN BOTANI WAJIB KAMU KUNJUNGI!


Taman Botani Sukorambi, salah satu destinasi wisata Jember ini memiliki konsep yang memadukan wisata edukasi dengan wisata keluarga. Sarana dan fasilitas yang semakin hari semakin variatif dan lengkap menjadi daya tarik wisatawan. Hal ini juga memberikan dampak yang positif pula pada
Kota Jember yang semakin hari Jember makin rame dengan kunjungan wisatawan.

7 alasan mengapa Taman Botani wajib kamu kunjungi!

1.    Lebih mengenal flora dan fauna


Action dulu sama koleksi Flora Taman Botani
Ada sekitar 500 koleksi flora di area Taman Botani ini, dengan jumlah itu sudah banyak sekali bagi saya untuk lebih mengenal jenis-jenis flora.

Saat berkeliling di taman ini, kamu akan menemukan berbagai tanaman yang dilengkapi dengan papan nama tanaman tersebut. Dari sini kamu bisa lebih mengenal sebuah tanaman yang terkadang memiliki nama yang berbeda dengan daerah kalian.

Begitu juga hewan-hewan yang ada, papan namanya pun melekat pada kandang masing-masing hewan. Koleksinya cukup banyak, mulai dari hewan hias sampai hewan yang dilindungi.

Nah ini yang paling di sukai adik-adik,
Bunny and Friends Village. Sebuah area yang terdapat ratusan koleksi kelinci. Disini kamu bisa melihat cara memelihara, merawat, serta bermain dengan kelinci. Dan satu lagi yang menarik yaitu ikut perlombaan menangkap kelinci itu sendiri. Seru banget!


2.    Belajar hidroponik, teknik pertanian yang ramah lingkungan
Sayuran Hidroponik [Sumber Gambar]
Tanpa di sadari pupuk kimia telah meracuni tubuh kita, saatnya belajar menanam sayuran tanpa bahan kimia, orang menyebutnya teknik hidroponik.

Yuk mengenal lebih dekat menanam sayuran dengan teknik hidroponik di Taman Botani ini!. Disini kamu bisa bertanya banyak hal tentang hidroponik. Dan selanjutnya bisa langsung kamu praktekkan dirumah.

Sayuran hidroponik ini ditanam pada sebuah media spons (salah satunya) yang di letakkan pada sebuah pipa paralon yang sudah di modif sedemikian rupa. Hasilnya luar biasa, selain kamu dapat menghemat lahan dan sayurnya pun tidak kalah segar dan yang paling penting lebih sehat.

3.    Membangun kerjasama tim dengan bermain outbound
Permainan Outbound yang menyenangkan [Sumber Gambar]
Taman Botani ini juga menjadi tempat membangun kerjasama tim, mental percaya diri, kepemimpinan, dan kemandirian yang disusun dalam sebuah permainan outbound.

Teman-teman kalian bisa memilih permainan outbound yang di sediakan kok. Atau mungkin kamu punya ide permainan sendiri yang bisa dimasukkan kedalam permainan tersebut malah lebih bagus.

4.    Bermain di kolam renang
Water Ball, permainan baru di Taman Botani [Sumber Gambar]

Wisata yang tidak ada bosannya, bermain air di kolam renang tentunya. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa dapat dikatakan senang dengan wisata ini. Dan tak heran jika Taman Botani ini membangun sebuah kolam renang yang variatif dan ciamik.

Ada kolam renang untuk anak-anak, kolam renang untuk orang dewasa, dan kolam renang Pelangi (untuk anak-anak juga). Oiya, satu lagi yang menarik bagi kaum hijabers nih, kolam renang khusus muslimah. Bagi yang ingin berenang, hanya perlu membayar tiket lagi sebesar 10 ribu rupiah kok.

Airnya pun yang dialirkan kesetiap kolam renang sangat segar loh, mengapa? Karena air ini mengalir dari sumber mata air alami tanpa proses daur ulang.

Nah, ini yang baru lagi. Water Ball namanya, yaitu berenang di dalam bola raksasa. Disini nantinya kamu di masukkan kedalam sebuah bola raksasa yang mengambang di atas air. Tugas kamu menggerakkan bola tersebut agar sampai ketepian dan permainan ini pun kelihatannya sangat mudah tapi sulit. Kebayang gimana rasanya? Yuk di coba!

5.    Fasilitas lengkap bernuansa alami
Pondok Rapat Gaharu yang bernuansa alami [Sumber Gambar]
Nah bagi kalian yang bosan dengan rapat didalam kantor, Pondok Rapat Gaharu ini bisa kalian coba, suasana yang alami dan nyaman sepertinya bisa menjadikan rapat lebih konsentrasi dan menyenangkan.

Setelah rapat usai, enaknya makan-makan apalagi jika kamu bakar-bakar makanan bareng
teman-teman. Tempatnya dimana? Dimana lagi kalo tidak di area Barbeque yang telah disediakan Taman Botani ini. Peralatannya sudah disediakan oleh pihak pengelola, hanya saja kalian harus mengeluarkan biaya Rp 500 ribu rupiah per kelompok, biaya yang murah bila kamu pikul bersama.

Makan-makan sudah, apalagi ya? mungkin hiburan tambahan yang bisa kamu adakan di Pondok Seni atau panggung terbuka yang sudah tersedia.

Nah bagi yang ingin berlama-lama tinggal di Taman Botani ini sambil menikmati suasana malam khas pedesaan Villa Botani bisa menjadi pilihan yang bagus. Villa dengan ruang tamu dan dua kamar tidur ini bisa menjadi pesanan selanjutnya.

6.    Dapatkan spot-spot foto yang instagram-able
     
Duduk santai dulu di Rumah Pohon
Sambil berkeliling taman, cocoknya mencari spot-spot untuk berswa foto sebagai bahan instagram nih. Tempatnya banyak sekali disini, seperti rumah pohon, gazebo romantis di pinggir pematang sawah, dan masih banyak lagi. Hanya saja pinter-pinter memainkan lensa kamera kamu ya.

7.    Horti Hut, Tempat oleh-oleh khas Taman Botani
Saatnya belanja oleh-oleh khas Taman Botani [Sumber Gambar]
Nah, sebelum balik kerumah, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas Botani ini.
Buah-buahan, bibit tanaman yang dihasilkan dari tanaman yang ada di Taman Botani ini merupakan oleh-oleh yang wajib kamu dibawa dan satu lagi sayuran hidroponik.


Kapan kamu akan liburan kesini?


TAMAN BOTANI SUKORAMBI JEMBER
Alamat                  : Jl. Mujahir, Sukorambi Jember
Jam Buka             : 07.00 – 16.00 WIB, Hari Jum’at Libur
Telp                       : 0851-0070-7600
Web                      : tamanbotanisukorambi.com


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh
Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger



Komentar

  1. Lengkapnya bikin betah dan nagih ya buat kesana :) Tengkyu udah ikutan

    BalasHapus

Posting Komentar