TIPS MEMBUAT BLOG YANG KREATIF, BERKUALITAS DAN MENGHASILKAN BARENG BLOGGER JEMBER SUEGER


Tidak mudah untuk mengantarkan tulisan kita yang diwadahi oleh blog ke pengguna internet, banyak sekali serangkaian langkah yang harus diperbaiki dan dikembangkan. Dan itupun membutuhkan waktu yang cukup lama. Pada pelatihan blog yang diadakan oleh Blogger Jember Sueger pun sampai terbagi dalam tiga pertemuan. Pada hari Sabtu kemaren tepatnya tanggal 9 Februari 2019 sudah sampai pada pertemuan ketiga, itupun terasa begitu cepat. Dengan waktu yang terbatas dengan materi yang terbagi dalam 4 sesi ini menjadi pertemuan ketiga yang melelahkan namun bernilai. Ada tips membuat blog kreatif, berkualitas dan menghasilkan yang dipelajari pada pertemuan ketiga ini. 
 
tips membuat blog yang kreatif, berkualitas, dan menghasilkan
keseriusan mas Suga ketika menjelaskan konten kreatif
Pada sesi pertama dibuka oleh Agus Setiawan atau lebih dikenal dengan nama Mas Suga. Kakak yang satu ini akan memberikan materi tentang apa itu konten kreatif? Bagaimana cara membuat 
konten kreatif? Dan apa manfaat dari konten kreatif itu sendiri?

“Apa itu konten kreatif?”,pertanyaan pembuka yang dilontarkan oleh Mas Suga kepada kami. Dan jawabannya bermacam-macam, ada yang menjawab unik, ciri khas, beda dengan blog yang lain, dan ada pula yang menjawab citra diri. Mas Suga pun membenarkan itu. Hanya saja mas Suga menambahkan jika konten kreatif itu merupakan konten yang unik, menghibur, dan nyaman untuk dibaca. 

Ada beberapa cara untuk membuat konten kreatif, diantaranya menggunakan bahasa yang baik, rapi, dan paragraf yang mengalir. Artinya tulisan yang kita buat tidak asal-asalan, harus ada rule yang perlu dipatuhi agar nantinya tulisan kita nyaman dibaca. 
tips membuat blog yang kreatif, berkualitas, dan menghasilkan
Penyampaian SEO yang tegas, padat, oleh Kak Vadil
Tetapi selain didukung dengan konten kreatif, SEO juga memiliki peranan penting dalam menarik pengunjung untuk membaca artikel-artikel yang kita tulis. Nah, materi SEO ini akan dijelaskan oleh mas Vadil, kakak yang begitu tegas, padat, dan jelas dalam penyampaian materi sesi kedua ini. 

Dalam mengoptimalkan SEO, mas Vadil mengatakan perlu adanya dua cara pengoptimalan SEO agar artikel kita berada diurutan teratas di search engine diantaranya SEO Internal dan SEO eksternal. Untuk SEO internal, perlu adanya penanaman keyword pada paragraf, memasukkan URL artikel pada Permalink, Tag Tiap artikel, dan sebelum foto diupload pun perlu perlakuan yang berbeda, deskripsi foto perlu diganti dengan keyword artikel tersebut. Nah, untuk SEO eksternal, kita harus daftar di webmaster tools, blogwalking, dan tukar link.

Memang ketika diawal, aku sendiri merasa bingung dengan langkah-langkahnya yang begitu banyak. Kebingunganku tadi pertama biasanya langkah-langkah yang terlewatkan dan ada pula yang terkadang menu yang aku tidak mengerti. Tapi seiring waktu langkah-langkah tadi tentunya akan bisa karena terbiasa. Benar atau tidak?

Selanjutnya apakah blog itu hanya cukup di SEO? Ternyata tidak. Agar sebuah blog itu hidup, perlu diisi konten-konten baru dan terus menerus. Mungkin ini dapat dibilang dengan kegiatan merawat blog. Nah, materi merawat blog ini akan disampaikan oleh mbak Prita HW yang merupakan materi sesi ketiga pada pelatihan blog ini.

Banyak tips yang diberikan mbak Prita HW tentang bagaimana merawat blog, diantaranya mengubah domain jadi TLD, konsisten mem-publish konten-konten berkualitas yang membuat personal branding kita lebih nampak dan terjadwal. Misalnya saja satu kali dalam sebulan atau lebih serta jangan lupa untuk saling blogwalking agar blog kita juga dikunjungi oleh blogger-blogger lainnya. 

Ketika blog kita sudah sering meng-update konten dan saling blogwalking nantinya kita akan banyak relasi yang se-passion. Terus apa yang harus kita lakukan? Tentunya memonetize blog. Artinya menghasilkan pundi-pundi rupiah dari blog. Selain kita berbagi ilmu dan pengalaman alangkah baiknya memanfaatkan peluang yang ada di dunia internet. 
tips membuat blog yang kreatif, berkualitas, dan menghasilkan
Kolaborasi pengalaman memonetize blog oleh Mas Ilham dan Kak Faisol

menurut mas Ilham dan Kak Faisol, banyak sekali pundi-pundi rupiah di dunia internet, khususnya blog. Salah satunya mengikuti Blog Competion sambil mengasah kemampuan menulis kita, ada juga Google Adsense (iklan), dan ada pula jasa titip artikel ke blog tanpa harus kita susah-susah membuat artikel tersebut. Ini sebenarnya penyemangat bagi seoran
g blogger tentunya bagi blogger pemula seperti aku. Apalagi ketika pernah menjadi juara, ‘kecanduan’ untuk terus ngeblog seperti senior-senior Blogger Jember Sueger ini pasti dirasakan.
tips membuat blog yang kreatif, berkualitas, dan menghasilkan
Foto bareng sebelum pelatihan blog di akhiri

Tapi bagi aku 'kecanduan' untuk belajar ngeblog kali ini sangatlah singkat jadi sharing antarmuka ini harus diakhiri. Namun pertemuan ketiga ini banyak tips yang diberikan untuk membuat blog kreatif, berkualitas dan menghasilkan pada kami. Ternyata tidak mudah mengembangkan sebuah blog ketika kami ingin serius didalamnya. Memang untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya dengan usaha yang maksimal pula. Tuhan tidak akan memberikan hadiah secara cuma-cuma tanpa adanya usaha. Yuks, semangat !!

Selamat nge-BLOG !!

Komentar

  1. Bener banget mas, untuk mendapat hasil maksimal tentunya ada usaha dibaliknya karena usaha tidak pernah menghianati hasil paling-paling cuma ketikung sama yang lain *loh! Belajar SEO juga awalnya bingung memang masih awam banget tapi harus terus belajar hehe. Semoga bisa ikut lagi pelatihan macam gini lain waktu ^^

    BalasHapus

Posting Komentar