WISATA RELIGI UNTUK KELUARGA PALING PAS DI MASJID ROUDHOTUL MUCHLISIN

Pagi itu begitu cerah, suara burung di belakang rumah ikut mengiringi kegiatan pagi ini. Terlepas dari itu terbesit dalam pikiranku untuk mengajak si kecil jalan-jalan ke tempat yang agak berbeda.
“apa ke kolam renang?, apa ke alun-alun?, apa ke rumah teman saja?” begitu suasana pikiranku seakan-akan saling saut-sautan mencari tempat yang asyik untuk refreshing serta bisa mendidik pula buat si kecil.

Selang beberapa menit akhirnya aku memilih Masjid Roudhotul Muchlisin. Wah, sepertinya jauh sekali dari ide-ide tadi, ha ha.. Tapi pilihan ini bisa menjadi wisata religi yang pas untuk keluarga kecilku hari ini.

Masjid Roudhatul Muchlisin ini merupakan masjid yang berasitektur timur tengah yang berdiri diatas lahan kurang lebih satu hektar. Bangunan yang memiliki warna khas kuning ini mengokohkan julukannya sebagai masjid termegah di Kota Jember. Tepatnya berada di Jalan Gajah Mada No.180 Jember.

Sejak berdiri mulai tahun 1978 dengan melalui beberapa proses pembangunan. Dan akhirnya pada tahun 2014 pembangunan masjid ini mulai dikebut setelah mendapatkan donasi yang besar. Tepat pada tanggal 15 Mei 2017 lalu, Masjid Roudhotul Muchlisin ini diresmikan oleh Bupati Jember yang nantinya setelah peresmian tersebut menjadi ikon wisata religi di Jember.

Kemegahan masjid ini tampak dari tiang-tiang penyangga yang besar dan kokoh untuk menopang bangunan masjid yang berlantai dua ini. Serta menara tinggi yang rencananya difungsikan sebagai perpustakaan dan penginapan bagi musafir ini.

Ketika kami masuk di pintu masjid, perlahan-lahan kami melangkah sambil menengok ke atas, 
tolah toleh melihat indahnya arsitektur masjid yang  dihiasi oleh kaligrafi. Didalam masjid pun tidak banyak pengunjung yang datang, kalo dihitung sekitar enam orang. Mereka sangat khusuk membaca kalimat-kalimat Allah yang dipegangnya. Aku pun duduk di shaf paling belakang sambil mengenalkan tempat ibadahnya umat muslim ini pada si kecil.
   
Pertemuan yang tidak terduga tapi satu tujuan
Ada salah satu pengunjung juga membawa si buah hatinya berwisata religi di masjid ini. Rasanya memang sangat pas untuk mengenalkan pada anak tentang sebuah masjid sebagai tempat solat dan mengaji.

Tapi selang beberapa menit, terdengar sesuatu yang sudah tidak asing lagi bagi aku “ayah pulang…ayo pulang…ayah pulang!” begitu kata-kata yang dia lontarkan. Wah…belum apa-apa sudah mau ngajak pulang. Tapi tak apalah,,sedikit pengenalan tentang tempat ibadah ini.

Begitu turun dari masjid aku masih mengajak dia jalan-jalan sekitar masjid, melihat kolam air mancur yang tepat berada halaman masjid yang menyatu dengan lahan parkir. Dan kondisinya masih dalam keadaan mati, jadi tidak ada atraksi air yang bisa menghibur si kecil. Dengan adanya atraksi-atraksi kecil seperti ini sebenarnya bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak untuk berkunjung ke masjid.

Hal yang menarik juga dari area masjid ini yaitu dengan adanya food corner. Stan-stan makanan yang berjejer rapi dan bersih ini, bisa menjadi tempat istirahat yang pas bagi kalian yang menempuh perjalanan panjang. Orang pendhalungan bilang, fasilitasnya “gennak”.ha ha..

Melihat mata si kecil sudah agak redup, ini pertanda kalo waktunya mau tidur. Kami pun bergegas pulang. Nah dari sini kapan kalian mampir ke Masjid Roudhotul Muchlisin ini? Yuk kenalkan tempat ibadahnya umat muslim ini pada anak kita sejak dini,

Komentar