HADIAH DI AWAL TAHUN UNTUK BLOG-KU



Ternyata apa yang aku inginkan ketika gabung dengan komunitas blogger di Jember benar-benar kenyataan. Awalnya ketika melihat sebuah post di instagram kalo Blogger Jember Sueger  akan mengadakan event di awal tahun. Rasa penasaran pasti ada dengan event yang akan diadakan tersebut. Hampir setiap hari melihat update post Blogger Jember Sueger, kira-kira acara apa yang akan diadakan.

Dan akhirnya ketika melihat kabar kalo Blogger Jember Sueger akan mengadakan pelatihan blog seneng rasanya. Padahal waktu itu masih belum tentu terpilih. Ha..ha.

Ketika melihat kabar event itu, aku pun langsung menuju kalender. Lho apa hubungannya dengan kalender? Karena memang posisiku sudah bekerja jadi harus mencocokkan jadwal event itu dengan pergantian shift kerjaku. Ya…masih untungnya aku saat ini ikut shift. Ternyata sudah pas banget dan itupun tanpa ada janjian dengan panitia pelatihan lho..ha.. ha.. Jadwal sudah lolos tinggal mengisi form pendaftaran dan menunggu keberuntungan. 

Yaps,, waktu yang aku tunggu akhirnya tiba juga. “Jadi terpilih apa tidak ya?? “ tanyaku. Dan ternyata masih belum muncul juga postingannya siapa saja yang dapat ikutan pelatihan itu. Mungkin ini hanya skenario saja kali ya agar para blogger pemula ini punya rasa ‘dag dig dug’.. ha..ha.. 

Setelah selang beberapa hari, akhirnya aku pun termasuk dalam peserta pelatihan blogger tersebut. Rasa syukur dan senang yang tak terkira bisa ikut pelatihan blog yang memang aku nanti-nanti sebelumnya.

Yuk,baca terus perjalanan ku mengikuti pelatihan blog bersama tim
Blogger Jember 
Sueger 

Pertemuan Pertama
(Mengenal Blog dan Desain Blog)


“Assalamu’alaikum” sapaku pada sahabat-sahabat blogger di sana yang waktu itu pelaksanaannya berada di Famato. Akupun pertama memperkenalkan diri pada mereka (peserta pelatihan dan tim Blogger Jember Sueger) mulai dari nama blog, niche blognya apa terus kenapa mengikuti pelatihan blog ini. Dari perkenalan diri yang secara bergantian aku lebih open dengan mereka.

 
Mbak Prita HW membuka pelatihan blog


Pada pertemuan pertama, event ini di buka oleh mbak Prita HW yang merupakan blogger senior, dan blogger yang sering memenangkan beberapa event blog. 

Pada materi perkenalan blog ini mbak Prita memaparkan bahwa banyak sekali manfaat yang di dapat saat kita benar-benar ngeblog dan itupun bukan hanya dalam hal materi saja, diantaranya kita akan menjadi penulis handal yang secara tidak sadar itu merupakan hobi baru bagi kita. Dan teman-teman kita juga pada akhirnya bukan hanya seputar Jember saja tapi seluruh Indonesia bahkan antar negara. Walaupun terkadang kita tidak pernah bertemu langsung dengan mereka. Itulah seorang blogger.


Mas Ilham memberikan penjelasan tentang niche blog

Tapi tapi tidak semudah itu kata mbak Prita, ketika kita membangun sebuah blog banyak hal yang perlu kita perbaiki dan ditambah. Salah satunya tentang sebuah niche blog. Niche blog ini merupakan konten yang akan kita bawa secara konsisten. Jadi artikel-artikel yang kita bahas nantinya mengacu pada tema besar blog kita.


Mbak Vindy yang tetap semangat dalam pelatihan 

Untuk membangun sebuah blog juga memerlukan sebuah tampilan blog yang nyaman dipandang. Dalam hal ini, mbak Vindy Putri menjelaskan bagaimana mempercantik tampilan blog agar nyaman dipandang dan dibaca. Memang banyak permasalahan yang muncul ketika aku menata, menambah menu-menu pada blogku. Tapi selain bantuan mbak Vindy Putri, mas Ilham juga ikut andil dalam memperbaiki menu-menu blogku yang acak-acakan. Memang lebih mudah diajari langsung dengan ahlinya daripada harus membaca di artikel. Itu menurut aku sih. 

Pertemuan Kedua
(Fotografi dan membangun Personal Branding)


Siapa coba yang tidak suka kalo sudah ngomongin tentang fotografi, apalagi sekarang sudah jamannya bermunculan fotografer-fotografer dadakan. Ini juga didukung oleh bertambah canggihnya teknologi yang disematkan pada sebuah smartphone serta berkembangnya dunia media sosial.


Aa Nana sang fotografi

Dalam sesi ini, Aa Nana paling ahlinya dunia fotografi. Pengaturan-pengaturan dalam kamera perlu di utak-atik untuk memaksimalkan hasil foto yang bagus. Kalo aku sendiri sebelumnya hanya memanfaatkan lampu flash pada kamera saja untuk mengatur pencahayaan pada obyek. Ternyata bukan itu saja katanya Aa Nana, Pengaturan ISO, keseimbangan putih, nilai pencahayaan perlu diatur juga. Karena gambar yang berada diluar ruangan, didalam ruangan memiliki perlakuan yang berbeda pada pengaturannya. Setelah aku praktek kemaren, memang benar-benar terbukti beda hasilnya tanpa harus mengedit fotonya.


Hasil kamera smartphone didalam ruangan tanpa harus menggunakan flash


Memang foto salah pendukung penting pada sebuah blog, terkadang orang search di google, ada yang tertarik dengan foto yang ditampilkan dan ada pula yang tertarik dengan judul artikelnya.

Hal yang terpenting pula pada sebuah blog adalah personal branding. Citra diri atau ciri khas atau mengokohkan diri kita yang ditulis pada blog. Tentunya untuk memunculkan personal branding ini, mbak Prita menyarankan agar nama blog, medsos dan email harus sama atau paling tidak ada kemiripan. Tujuannya untuk gampang diingat dan membangun trust publik. 

Kemudian apa yang share di medsos harus berkaitan dengan personal branding yang akan kita bangun. Dan aku pikir memang ada benarnya, karena aku sendiri ketika ingin membaca sebuah tempat wisata menarik di Indonesia maupun diluar negeri, pikiranku langsung menuju pergidulu.com atau catperku.com. Kemungkinan ini karena efek dari rajinnya sang pemiliki blog share di instagram bukan berbagai macam topik tapi hanya share perjalanan mereka yang menyenangkan. 

Dengan begini, aku sebagai blogger pemula banyak PR yang harus aku lakukan untuk monetize blogku pada akhirnya. Tetap semangat belajar dengan senior
Blogger Jember Sueger tentunya.

Komentar

Posting Komentar